Kapolres OKU Timur Melaksanakan Peninjauan Proses Penyortian Dan Pelipatan Kertas Suara Pemilu 2024

oleh -1377 Dilihat
oleh

Liputanabn.com | Kapolres OKU Timur AKBP Dwi Agung Setyono, SIK, MH, meninjau proses penyortiran dan pelipatan kertas suara Pemilu 2024. Peninjauan untuk memastikan proses yang dilakukan KPU berjalan lancar. Sabtu, (6/1/24)

Dalam peninjauan ini,Kapolres didampingi Kabag Ops Polres OKU Timur Kompol Tamimi S.H., M.M, Kasat Samapta Polres OKU Timur AKP Jumedi S.H., Kasat Intelkam Polres OKU Timur IPTU Arie Gusman SE MM, KBO Sat Intelkam Polres OKU Timur IPDA Bastian S.H.
Peninjauan dan pengamanan pelipatan kertas suara untuk Pemilu 2024 berlangsung di gudang penyimpanan logistik KPU OKU Timur yang berada di Asrama Haji OKU Timur di Desa Kotabaru Selatan, Kecamatan Martapura.

AKBP Dwi Agung Setyono didampingi mengatakan peninjauan proses pelipatan surat suara untuk memastikan keamanan dan kelancaran proses pelipatan kertas suara.

“Menjelang Pemilu Polres memang terus melakukan monitoring berbagai tahapan Pemilu. Hari ini kami, bersama KPU dan Bawaslu melakukan pengecekan tahapan sortir dan lipat surat suara. Tujuanya untuk memastikan pelaksanaan berjalan sesuai dengan prosedur, sejauh ini berjalan lancar,” ujarnya.

Polres OKU Timur juga melakukan penebalan pengamanan, terutama di gudang logistik Pemilu. “Sekarang kami tambah personel, kita juga menempatkan Polwan untuk ikut mengawasi jalannya sortir dan lipat surat suara,” katanya.

Polwan juga dilibatkan, karena dalam SOP-nya petugas sortir dilarang mebawa peniti, jarum pentul, maupun bros. Barang-barang rawan kertas suara yang rusak atau tertusuk.

“Karena petugas sortir ini ada perempuan, sehingga Polwan juga kita libatkan. Tujuanya untuk memastikan tidak ada barang maupun benda tajam yang masuk ke area sortir dan lipat,” katanya.
Penyortiran dan pelipatan surat suara untuk Pemilihan Presiden (Pilpres), Pemilihan Legislatif DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten dan DPD, di mana masing-masing berjumlah 509.823 lembar surat suara.
Jadi jumlah keseluruhannya mencapai 2.549.115 lembar surat suara untuk Pemilu 2024.Sedangkan untuk pelipatan surat suara tersebut akan berlangsung selama 20 hari, sejak pagi hingga sore.Selain itu, kertas surat suara yang terlipat ini nantinya akan ada penyortiran, perbagian dan pemisahan per kecamatan.
Hadir dalam pengecekan kertas suara tersebut ketua KPU OKU Timur Herman Jaya, S.Sos didampingi Komisioner KPU Kabupaten OKU Timur, Yuliansyah.

Editor : Mastari/Bolok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.