Warga Desa Mekarjaya Panggarangan Terisolir, Jika Ada Warga Sakit Harus Ditandu Menuju Puskesmas

oleh -679 Dilihat
oleh

Liputanabn.com | LEBAK – (10/10/2023) Lebak,Banten Masyarakat Desa Mekarjaya, Kecamatan Panggarangan, Kabupaten Lebak, Banten, masih terisolir karena belum tersedianya prasarana jalan yang memadai. Jika ada warga yang sakit dan memerlukan perawatan ke Puskesmas Panggarangan, harus di tandu. Orang yang sakit dimasukan ke dalam sarung lalu digotong warga secara bergantian.

Begitupun jika mengangkut hasil pertanian atau perkebunan, harus di pikul menuju jalan raya Malingping – Cikotok, sejauh 10 kilometer. Jika ada uang lebih, untuk menuju jalan nasional III (Malingping-Bayah), dan masyarakat menggunakan jasa ojek menuju Desa Sindangratu, namun harus ditebus dengan biaya transportasi yang amat mahal Rp50 ribu – Rp 75 ribu.

Warga juga terbiasa menggunakan jasa ojek melintasi route Kampung Astana – Kampung Jatake – Naringgul – Sukajaya – Bayah (Jalan Raya Cikotok), dengan jarak lebih jauh sekitar 15 KM. Melalui perkampungan ini, jalan agak lumayan bisa dilalui kendaraan roda empat dari Kampung Jatake hingga Sukajaya. Selebihnya menggunaan roda dua dengan cara terpaksa. Ini pun harus ditebus dengan ongkos Rp 50 ribu – Rp 90 ribu ditambah dengan “sakit pinggang,karena melintasi batu terjal dan tanjakan/turunan jalan yang curam.

“Kami merasa hidup belum merdeka. Merdeka dari keterbelakangan, pendidikan, dan kemiskinan, akibat belum ada prasarana jalan yang memadai,” kata Mang Ata (50 tahun), Abah Rusdi (70 tahun), Mang Dindin (40 tahun) dan puluhan warga Kampung Pasir Tangkil, Desa Mekarjaya, kepada yang menyambangi desa ini, hari Minggu sore (8/10/2023).

menuju Desa Mekarjaya, yang berpenduduk 4.582 jiwa ini, melalui route Sukajaya – Pasir Tangkil menggunakan jasa ojek. Tiba di Kampung Jatake, sekitar pukul 16.35 WIB dan hujan turun cukup deras. Warga nampak merasa senang, karena sudah lama tak turun hujan sekalipun jalan keperkampungan mereka akan semain sulit untuk dilalui, karena licin dan terjal. Namun, warga bersyukur, dengan hujan tanaman menjadi tersiram.

Menurut Mang Ata dan Dindin, potensi sumber daya alam Desa Mekarjaya dan sekitarnya, cukup bagus. Desa di wilayah bukit ini dikenal sebagai penghasil pertanian padi, kelapa, melinjo, jengkol pisang dan karet.

Menuju jalan raya Bayah dari Kampung Pasir Tangkil lebih dekat melalui Kampung Ciijo, Desa Situregen. Tapi, terkendala oleh jembatan kali Cimancak yang ambrol, akibat banjir pada awal tahun 2022 lalu.

“Masyarakat sudah bergotong royong iuran duit semampunya untuk membangun badan jembatan, tapi baru mampu membangun badan jembatan/beton sebelah. Badan jembatan yang sebelah lagi (Kampung Ciijo) belum terbangun, karena belum ada dana. Panjang bentangan jembatan sekitar 10 meter,” kata Mang Ata.

Mang Ata sebagai Ketua Gapoktan Desa Mekarjaya, yang merasakan kesedihannya akibat belum tersedianya prasarana jalan yang memadai. Sekitar akhir September 2023 (dua minggu lalu), istrinya akan melahirkan dan harus ditolong persalinannya di Puskesmas Panggarangan.

Karena sulitnya jalan, istrinya yang akan melahirkan harus digotong dan tiba di Puskesmas Panggarangan jam 21.30 WIB malam. Setelah melewati perjuangan berat, isteri Mang Ata, selamat melahirkan seorang bayi perempuan sekitar pukul 01.30

Reporter: Yayan Z

Editor.    : Bolok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.