Disporapar Banyuasin Tinjau Potensi Destinasi Wisata Lubok Panjang Desa Pelajau.

oleh -222 Dilihat
oleh

Liputanabn.com | Banyuasin – Menindaklanjuti keinginan masyarakat melalui Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Lubok Panjang dan Pemerintah Desa Pelajau Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin untuk mengembangkan Desa Wisata, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Banyuasin langsung meninjau lokasi yang Berpotensi Destinasi Wisata Lubuk Panjang Desa Pelajau.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata , Disporapar Kabupaten Banyuasin, M.Yusuf melalui Kabid Pariwisata, Mukhtar, Kabid Olahraga, Novaredi dan Rombongan sangat mengapresiasi dan mendukung pengembangan Destinasi Wisata Lubok Panjang agar menjadi Desa Wisata yang maju dan berkembang kedepannya.

“Disini sudah ada alam yang bagus, pohon yang ada di sekitar ini sangat mendukung, aliran airnya yang panjang, tinggal lagi pengelolaannya , jangan sungkan berkomunikasi berkordinasi dengan kami, harus saling mendukung dan membantu dari, Pemdes, BPD, POKDARWIS dan Masyarakat agar apa yang di harapkan untuk mengembangkan Desa Wisata terwujud,”kata Mukhtar Kabid Pariwisata saat menyampaikan sambutan di lokasi Potensi Destinasi Wisata Lubok Panjang Desa Pelajau, Kamis (20/7/2023) pagi.

Untuk menjadikan Desa Wisata yang baik, lanjut dia harus di buat badan hukumnya , ada kelompok sadar wisata yang sudah terbentuk.

“Kelompoknya sudah terbentuk, kemudian di buat notaris agar tercatat dan mempermudah ketika butuh dana pengembangan, dari pokir dewan, CSR perusahaan maupun dari pemerintah pusat dan provinsi, dari Desa juga ada BUMDES dianggarkan juga untuk Destinasi Potensi Desa Wisata,” imbuhnya.

Kemudian, Kabid Olahraga Novaredi dalam sambutannya juga berharap agar pengelolaan untuk Desa Wisata dibekali pelatihan dan studi banding ke wisata yang hampir serupa dengan di Desa Pelajau.

“Pengelolaan, terus Pokdarwis ini di bina ada pelatihan, kunjungan ke wisata lain agar bisa diterapkan di sini, di sini buatkan perlombaan saat Agustus, ada semacam Bidar biar dikenal banyak orang, pengunjung yang kesini di catat berapa dalam satu bulan, itu menjadi acuan untuk meminta bantuan,” harapnya.

Sebelumnya, Kepala Desa Pelajau Yahya juga menyampaikan dukungan dan keinginan masyarakat untuk membangun Desa Wisata, dan berharap juga agar pemerintah Kabupaten Banyuasin merekomendasikan terbentuknya Desa Wisata Lubok Panjang.

“Melihat besar keinginan masyarakat pemerintah desa sangat mendukung, apalagi kalau disini Desa kami banyak potensi yang di gali, ada makan olahan dari tanaman lokal, kerajinan , kesenian, olahraga , inilah harapan saya agar kiranya Pemerintah Kabupaten Banyuasin melalui Disporapar agar bisa mewujudkan apa yang menjadi keinginan masyarakat kami,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dihadiri, BPD, Perangkat Desa, Tokoh Masyarakat, Warga yang memiliki lahan di kawasan Destinasi Wisata Lubok Panjang dan Pengurus POKDARWIS. (Erwan/rill)

Editor : Bolok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.