Jejak Karir Dir Tahti Polda Sumsel AKBP M Fijar Muslim

oleh -786 Dilihat
oleh

Liputanabn.com |Palembang, – AKBP Muhammad Fijar Muslim merupakan lulusan AKPOL 1997 yang kini menjabat sebagai Direktur Tahanan dan Barang Bukti (Dir Tahti) Polda Sumsel, usai dilantik langsung oleh Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen Pol Drs Toni Harmanto MH, di Gedung Presisi lantai 7 Mapolda Sumsel pada Jumat 22 Juli 2022 yang lalu.

AKBP M Fijar Muslim dikenal sebagai sosok Polisi yang baik hati dan murah senyum terhadap bawahan serta orang disekitarnya, sederet prestasi serta jabatan pernah dipegangnya.

AKBP M Fijar Muslim yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Direktur (Wadir) Samapta Polda Sumsel, kini menggantikan posisi kursi yang ditinggalkan oleh AKBP Imam Ansyori, S,Sos, yang memasuki masa purna bhakti (pensiun).

Berikut biodata dan jejak Karir AKBP M. Fijar Muslim:

AKBP M Fijar Muslim merupakan perwira polisi berdarah Jawa yang dilahirkan di Jakarta pada tanggal 7 November 1974 serta memulai pendidikan Sekolah Dasar (SD) di Josenan 1 Kecamatan Taman Madiun lulus tahun 1987.

Setelah tamat SD, AKBP M Fijar Muslim yang ikut dengan orang tua pindah ke Madiun, dan melanjutkan sekolah di SMP Negeri 5 Madiun (1990) serta SMA Negeri 4 Madiun pada tahun 1993.

AKBP M Fijar Muslim mengikuti pendidikan AKPOL yang waktu itu masih disebut AKABRI lulus pada tahun 1997 dengan pangkat IPDA.

Tepat pada tanggal 18 Januari 1998, AKBP M Fijar Muslim dipercaya menjabat sebagai Kanit Intelkam Polsek Seberang Ulu II Polrestabes Palembang.

Ditahun yang sama (8/7/98), AKBP M Fijar Muslim di geser ke Pama Polda Sumsel dan Pama Polres Banyuasin (4/12/98).

Karir AKBP mulai menanjak setelah di mutasi menjadi Kapolsek Kelapa Kampit Polres Belitung pada tahun 2000 dan ditahun yang sama menjadi Kaset ops Puskodal Polres Bangka. Dan ditahun ini juga menyelesaikan Dikjur Das Pa Serse.

AKBP Fijar Muslim mendapatkan kenaikan pangkat dari IPDA menjadi IPTU di tahun 2001, kemudian pada tahun 2002 menyelesaikan Jur LAN Pa Serse Um, kemudian AKBP Fijar Muslim di mutasi menjadi Wakasat Reskrim Polres Bangka. Hanya berselang 5 bulan, AKBP Fijar Muslim kembali mendapat amanah menjadi Kasat Reskrim Polres Muara Enim.

Tahun 2003, AKBP Fijar Muslim menjabat sebagai Kasubnit Unitidik Satreskrim Polrestabes Palembang serta naik pangkat dari IPTU menjadi AKP dan kembali dipercaya menjabat sebagai Kanit Pidum Polrestabes Palembang.

Karir AKBP M Fijar Muslim semakin menanjak, setelah di tahun 2004 di percaya menjabat sebagai Panit Subdit 2 Ditreskrimsus Polda Sumsel (Panit Sat Pidkor).

2 tahun menjabat sebagai Panit Sat Pidkor, di tahun 2006 AKBP Fijar Muslim kemudian di mutasi dan menjabat sebagai kasubdit wisata Ditpamovid Polda Sumsel. Sebulan kemudian digeser kembali dan menjabat sebagai Kaurpullahta Subbidtekinfo Bidtik Polda Sumsel.

Pada tahun 2010, AKBP M Fijar Muslim kembali di mutasi dan menjabat sebagai Ps. Kasubbagpakatkerma Bagkerma Roops Polda Sumsel dan tahun 2011 mendapatkan kenaikan pangkat dari AKP menjadi Kompol. Kemudian di mutasi dan menjabat sebagai Kasubbagbinlatops Bagbinops Roops Polda Sumsel. Hanya berselang 7 bulan, AKBP Fijar Muslim kembali di mutasi dan menjabat sebagai Kasat Sabhara Polrestabes Palembang.

Pada saat menjabat sebagai Kasat Sabhara Polrestabes Palembang, AKBP Fijar Muslim menyelesaikan pendidikan Sespima di tahun 2012, kemudian dimutasi Kembali dan menjabat sebagai Paur Subbagbinlatops Bagbinops Roops Polda Sumsel pada tanggal 12 Januari 2013.

Hanya berselang 2 bulan (15/3/13), AKBP Fijar Muslim kembali di mutasi dan menjabat sebagai Kasubbagdumasan Itwasda Polda Sumsel. Kemudian pada tanggal 26 Juni 2013 di mutasi dan menjabat sebagai Kanit 1 Subdit 3 Ditreskrimsus Polda Sumsel. Dan tanggal (6/10/23) kembali di mutasi dan menjabat sebagai Kasubbid Provos Bid Propam Polda Sumsel.

Saat menjabat sebagai Kasubbid Provoa Bid Propam Polda Sumsel, tepatnya di tanggal 21 Desember 2013, AKBP Fijar Muslim mendapatkan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi dari Kompol menjadi AKBP.

Berpangkat AKBP, AKBP M Fijar Muslim pada tahun 2014 kembali di mutasi dan menjabat sebagai Kasubdit Waster Ditpamovid Polda Sumsel, serta mendapatkan penghargaan tanda kehormatan Satyalancana Pengabdian 16 tahun.

Di tahun 2016, AKBP M Fijar Muslim kembali di mutasi dan menjabat sebagai Kabagbinops Ditpamovid Polda Sumsel, selama 3 tahun menjabat, tepat di tanggal 31 Januari 1019 AKBP M Fijar Muslim kembali di mutasi dan menjabat sebagai Wakil Direktur (Wadir) Samapta Polda Sumsel.

Selama 3 tahun menjabat sebagai Wadir Samapta Polda Sumsel, hubungan yang terjalin dengan baik antar sesama pejabat utama Polda Sumsel dan seluruh perwira menengah serta bawahan, membuat AKBP M Fijar Muslim di promosikan menjadi Direktur Tahanan dan Barang Bukti (Dir Tahti) Polda Sumsel.

Tepatnya pada tanggal 20 Juni 2022, AKBP M Fijar Muslim di mutasi dan menjabat sebagai Dir Tahti Polda Sumsel menggantikan posisi yang ditinggalkan AKBP Imam Ansyori, S,Sos, yang memasuki masa purna bhakti (pensiun).

Tepatnya pada hari Jumat 22 Juli 2022, AKBP M Fijar Muslim resmi dilantik langsung oleh Kapolda Sumsel yang saat itu di jabat Irjen Pol Drs Toni Harmanto MH serta di hadiri Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Rudi Setiawan, SIK, SH, MH dan beberapa pejabat utama Polda Sumsel.

Editor : Mastari/Bolok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.