Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Selatan Membuka Pelatihan Disaster Victim Identification (DVI) Tahun 2023

oleh -782 Dilihat
oleh

Liputanabn.com | PALEMBANG ‘- Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera selatan (Sumsel) Irjen Pol. A.Rachmad Wibowo SIK membuka pelatihan Disaster Victim Identification (DVI) tahun 2023 yang bertempat di Lounge Ampera lantai VII Gedung Utama Presisi Mapolda Sumsel, Rabu (30/08/2023).

Saat membuka pelatihan DVI Kapolda didampingi Kabid Dokkes Polda Sumsel Kombes Pol dr Syamsul Bahar M.Kes pejabat utama Polda Sumsel para kasie Dokkes,Personel Bidlabfor.INAFIS dan personel Sie Dokkes jajaran Polda Sumsel

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kadep Forensik RSMH.Palembang dr Indra Syaki Nasution,SP.FM selaku narasumber dan undangan lainnya.

Kabid Dokkes Polda Sumsel Kombes Pol dr. Syamsul Bahar,Mkes mengawali pengantarnya menyampaikan selamat datang kepada peserta
Pelatihan DVI Biddokkes Polda Sumsel

Ia mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan ketangguhan dan kemampuan personil Bidang Dokkes Polda Sumsel untuk penanganan penanggulangan penatalaksanaan awal penemuan jenazah Mr X yaitu dengan menyelamatkan korban yang tidak bisa dikenali.
Untuk mencapai keberhasilan penanganan Jenazah terutama untuk indentifikasi, kata dr Syamsul , diperlukan sumber daya yang berkualitas dalam setiap tahapan penanganan baik pengetahuan maupun pelaksanaan kegiatan.

“Pelatihan DVI ini juga dapat terlaksana atas kerjasama dan dukungan dari pihak terkait yakni RSMH Palembang ,” ungkapnya.

Kapolda Sumsel Irjen Pol.A.Rachmad Wibowo SIK dalam amanatnya juga menyampaikan selamat datang kepada Peserta Pelatihan DVI Biddokkes Polda Sumsel untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan peningkatan kemampuan personil, khususnya Polda Sumsel dan jajaran serta instansi terkait.

“Kami harap kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan personil dalam menjalankan tugas-tugas DVI dan tugas operasional kedokteran kepolisian,” harapnya.

Pada kesempatan itu, Kapolda juga menyampaikan terima kasih kepada Kabid Dokkes Polda Sumsel dan nara sumber dari RSMH Palembang serta seluruh panitia dan instansi terkait atas kerjasama, dan sinergitasnya guna memelihara stabilitas kamtibmas yang kondusif.

“Semoga sinergitas ini dapat terpelihara dengan baik dan terus ditingkatkan,” pintanya.

Irjen Pol A.Rachmad berharap pelatihan DVI ini dapat menjadi bekal ilmu dan perubahan untuk menyelamatkan korban Baik itu korban meninggal dunia, maupun selamat.

“Terkhususnya kepada korban-korban yang susah dikenali yang perlu harus ditangani secara profesional, mengingat wilayah Sumsel merupakan daerah yang amat luas ” ujarnya.

Kapolda meminta agar pelatihan ini dapat dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan kembali semangat, disiplin bekal ilmu.dan etos kerja dalam melaksanakan tugas,

Kita boleh menggantungkan cita cita setinggi langit,setinggi tingginya jadi kalau kita jatuh diantara bintang bintang jadi harus setinggi tingginya jadi kalau kita jatuh terkena salah satu bintang kata Mantan Kapolda Jambi dalam memotivasi peserta pelatihan DVI Biddokkes Polda Sumsel semoga kapasitas SDM DVI dibidang forensik lebih maju lagi dan teknologinya semakin kita kuasai jangan kita berharap jadi pasien,sebagus bagus rumah sakit,secanggih canggih rumah sakit kita hanya datang untuk membesuk saja jangan kita berharap menjadi pasien dirumah sakit Harapnya.

“Jadikan juga kegiatan ini untuk memberikan pengabdian yang terbaik kepada masyarakat bangsa dan negara,” tandas nya

Editor : Mastari/Bolok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.