Pagelaran Gebyar 1Suro Dalam Bersih Deso Pasar Miring Melestarikan Budaya Jawa Tulen

oleh -758 Dilihat
oleh

Liputanabn.com | Deli Serdang – Sumut, Gebyar Seni Budaya 1Suro Bersih Deso Pasar Miring, Kecamatan Pagar Merbau, Kabupaten Deli Serdang dimeriahkan oleh 1000 Jiwa wargane Jowo, pada Senin 14 Agustus 2023, sekira pukul 20.00 Wib s/d Selesai.

Gebyar Bersih Deso merupakan tradisi slametan yang identik dilakukan setiap pergantian tahun hijriyah yaitu Muharram. Muharram atau disebut bulan Suro merupakan awal bulan hijriyah.

Tujuan diadakan kegiatan Bersih Deso ini adalah sebagai penanda awal yang baik untuk 1 tahun kedepannya. Selain itu, acara ini menjadi kegiatan perkumpulan masyarakat sehingga terjalin kerukunan antar masyarakat.

Desa Pasar Miring, menggelar acara akbar Gebyar Bersih deso, dimana Acara dibuka oleh MC Mas Parianto dan Mba Nuni, lanjut Lembaga Kesenian bunga Tanjung studio 1 desa Sidoharjo 1 Pasar Miring yang menampilkan Tarian ‘Ondel-ondel’ dan Tarian ‘Gending Parit’, dan tak kalah seru dengan permainan Gamelan ‘Jaya Laras’ dari Ki Dalang Joko asal Simalungun, Wayang Orang ‘Sanggar Sinar Budoyo’ dari Kabupaten Sergai.

Acara ini diperkasai oleh ‘Tim Sumut Rumah Kita’ berkolaborasi bersama oleh Kepala desa Pasar Miring Santoso dan tokoh masyarakat serta para tamu undangan termasuk dari Anggota PDI-P Sumut Ramses Simbolon, Camat Pagar Merbau H. Ibnu Hajar S.Pd, S.Sos, Relawan Ganjarian Spartan, Barisan Rambut Putih, Komite Nelayan dan Petani, Penggiat Seni Budaya Kab.Deli Serdang Indra Purba.

Rangkaian acara pun dimeriahkan oleh tarian tradisional ‘Jaran kepang’ (jaranan), Campursari, Tari-tarian dan Wayang Kulit yang dimainkan oleh Ki Dalang Sunarno dengan Lakon ‘Semar Bangun Khayangan’, dimana Antusiasme Ribuan masyarakat makin meningkat berduyun-duyun tumpah ruah di lokasi acara untuk melihatnya serta merasakan kemeriahan acara tersebut. Selain itu, Sebagai bentuk pemberdayaan ekonomi masyarakat, pelaku UMKM Desa Pasar Miring juga turut ikut andil dalam memeriahkan acara tersebut.

Pada Malam hari menjadi malam acara puncak yang ditandai dengan pagelaran wayang orang ‘Sinar Budoyo’, Gamelan Laras Jaya yang kocak dan Musik Campursari serta Wayang kulit semalam suntuk. Acara dimulai sekitar pukul 20.00 Wib yang didalangi oleh ‘Ki Dalang Sunarno’ dan Grup Jaya Laras. Antusias Ribuan masyarakat yang hadir terhadap kegiatan acara ini terlihat jelas, dimana masyarakat berkumpul memenuhi lokasi acara guna menyaksikan cerita hingga selesai.

Dan hal yang paling dinanti, tampak saat Gubernur Jawa Tengah GANJAR PRANOWO menyapa para wargane serta Kepala Desa, melalui Video Conference (Vidcon) secara live. Dan Seketika suasana semakin marak dengan warga yang hadir tampak tumpah ruah hingga memadati pentas gamelan, sembari menyaksikan kehadiran Pak GANJAR PRANOWO di tengah-tengah Warga walau hanya melalui Video Conference (Vidcon) secara langsung sambil bincang-bincang yang cukup agak panjang durasinya sekitar 20 Menit, bersama Kades dan 1000 jiwa Wargane Jowo di lokasi.

Melalui kegiatan Bersih Deso’Pasar Miring Kecamatan Pagar Merbau ini, harapannya di tahun baru Islam agar selalu dilimpahi berkah dan diberikan perlindungan dari hal-hal negatif dalam kehidupan sehari-hari.

Editor : Bolok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.