Karo SDM Polda Sumsel Menghadiri Forum Group Discussion FGD Dengan Membangun Kesejahteraan Mental PNPP

oleh -774 Dilihat
oleh

Liputanabn.com | JAKARTA – Karo SDM Polda Sumsel Kombes Pol Sudrajad Hariwibowo SIK MSI menghadiri Forum Group Discussion (FGD) dengan tema ‘Membangun Kesejahteraan Mental PNPP Guna Mencegah Perilaku Bunuh Diri’,yang digelar Biro Psikologi SSDM Polri. Rabu dihotel The Tribrata Dharmawangsa Jakarta Rabu (7/6/2023).

Menurut Karo SDM Polda Sumsel Kombes Pol Sudrajad Hariwibowo SIK MSI saat dimintai keterangannya usai acara yang dihadiri dan dibuka As SDM Kapolri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, kegiatan FGD ini merupakan representasi rasa empati, peduli dan solutif pimpinan kepada seluruh Pegawai Negeri Pada Polri (PNPP).

“Dia menyebutkan Mereka semua adalah human capital atau sumber daya yang sangat berharga bagi Polri, yang perlu untuk selalu dirawat kesehatan mentalnya, agar betul-betul dapat melaksanakan tugas secara profesional dan paripurna,” kata Sudrajad , Kamis (8/6/2023).

Dalam diskusi yang digelar turut hadir beberapa narasumber yakni dari pakar Psikologi, Kompolnas hingga satuan kerja di Polri mulai dari Para Karo SDM Polda Se-Indonesia yang.datang lansung serta diikuti secara Virtual Kabag Psi,Kabag Watpers Ro SDM.Polda dan para Kabag SDM Polres/Polresta/Polrestabes Polda Se-Indonesia

Menurut Alumni Akpol.96. menuturkan, kompleksitas perubahan lingkungan strategis sangat luar biasa, mulai dari pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19, pengamanan tahapan pemilu 2024, penanggulangan kejahatan konvensional seperti pembunuhan dan penganiayaan yang makin meningkat, serta maraknya kejahatan digital.

Untuk itu, Katanya Biro psikologi SSDM Polri sebagai pengemban fungsi perawatan dan pembinaan psikologi. Sampai dengan bulan ini, mencatat ada 15 orang personel Polri yang melakukan bunuh diri dan percobaan bunuh diri.ujar Sudrajad

“Persoalan membangun kesejahteraan mental dan fenomena meningkatnya bunuh diri PNPP perlu kita kaji secara komprehensif. Kesejahteraan mental tidak saja sehat secara fisik tapi juga sehat secara moril, spiritual, sikap dan perilaku,” katanya.

Menyikapi kondisi demikian, Assdm Polri. berharap diskusi ini dapat menemukan suatu terobosan baru dan perubahan pola pembinaan mental kerohanian, pelayanan konseling psikologi yang baik, peneguhan jiwa korsa serta pelayanan kesehatan jiwa yang memadai.

“Besar harapannya, kegiatan FGD ini dapat memberi hasil dan kontribusi yang membawa dampak yang besar terhadap Polri,” katanya. ( Bolok )

Editor Mastari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.