Peringati Tahun Baru Islam 1445 H, Tahun 2023 Masehi. Pemerintah Desa Galang Tinggi Menggelar Sedekah Desa.

oleh -213 Dilihat
oleh

Liputanabn.com | Banyuasin – Peringati tahun baru Islam 1445 H, tahun 2023 Masehi. Pemerintah Desa Galang tinggi menggelar Sedekah Desa.

Kegiatan dilaksanakan di Balai Desa Galang tinggi, hadir dalam Kegiatan Kepala Desa Galang tinggi, Mulyadi Ani, Sekdes, BPD, dan Perangkat Desa, serta Kasi PPD Kecamatan Banyuasin III mewakili Camat Banyuasin III.

Dari sedekah Bumi tersebut, diharapkan Desa Galang tinggi selalu dinaungi oleh Allah SWT kesehatan, ketentraman dan kerukunan diantara masyarakat.

“Alhamdulillah kita semua diberi kesehatan dan kesempatan bertemu dengan tahun baru Islam ini, dari itu kita menggelar Sedekah Bumi yang sudah lama kita rencanakan, Alhamdulillah berjalan dengan lancar dan sukses,”Kata Mulyadi Ani. Kepala Desa Galang tinggi, ketika dihubungi. Jumat, 21/07/23.

Ditambahkan Mulyadi Ani, Rangkaian kegiatan yang mereka lakukan dalam kegiatan Sedekah Bumi diantara lain seperti menyembelih kambing, membuat makanan yang sudah lama tidak dibuat oleh masyarakat.

“Pagi kita sedekah bubur, bubur merah dan bubur putih, siang kita sedekah lain lagi dengan menyembelih kambing, kambingnya untuk Kepala dan usus kita buang atau kita tanam,”Ujarnya.

Dirinnya menambahkan, selain sedekah bubur pihaknya juga menggelar zikir bersama dengan dihadiahkan ke para leluhur dan pendiri Desa.

“Selain dari itu rangkaian kegiatan kita ada zikir bersama, tentu zikirnya kita hadiahkan ke pendiri Desa, para pejuang dan ulama yang telah menyebarkan agama Islam, harapan kami semoga Desa Galang tinggi selalu dalam kondisi aman dan tentram, damai serta rukun”Tegasnya.

Sementara itu, Camat Banyuasin III. Santo. S. Sos. M. Si. Melalui Kasi PPD Kecamatan Banyuasin III,Imran Hadi. S. Sos. M. Si. Mengatakan pihaknya mengapresiasi kegiatan Sedekah Bumi yang dilaksanakan oleh Pemdes Galang tinggi sebab menurutnya Desa Galang tinggi masih menjaga kearifan lokal, tradisi dan budaya Melayu.

“Kami Pihak Kecamatan mendukung dan mengapresiasi Pemdes Galang tinggi yang telah menggelar Sedekah Bumi, Desa Galang tinggi kita nilai masih menjaga tradisi Melayu,”Ucapnya.

Dirinya berharap, dari Sedekah Bumi yang dilaksanakan tersebut Desa Galang tinggi selalu aman dan damai, dilimpahkan kesehatan serta kerukunan.

“Harapan kita yang pasti masyarakat tentram dan damai, sehat jauh dari mata bahaya, untuk pemimpin selalu dalam lindungan Allah SWT, dari keterangan Kepala Desa kegiatan tersebut dilaksanakan pertama kali dan akan dilaksanakan setiap 2 tahun ,”Tukasnya. (Erwan)

Editor : Bolok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.